Gambaran Umum Jaringan Komputer





Pada artikel ini saya hanya akan membahas dasar-dasar apa itu jaringan dan jenis-jenis jaringan. Saya akan membahas lebih detail di artikel selanjutnya.

Jaringan hanyalah sarana bagi komputer untuk berbicara satu sama lain, atau berkomunikasi satu sama lain. Dengan jaringan, komputer dapat menerima email dari satu sama lain, saling mengirim file, mengirim pesan instan satu sama lain, dan berbagai hal lainnya. Ini adalah sesuatu yang kita anggap remeh hari ini, tetapi ada saat ketika jaringan tidak begitu canggih dan tidak efisien.

Pada dasarnya ada dua jenis jaringan.

Jaringan paling sederhana adalah LAN atau Local Area Network. Di sinilah semua komputer dalam jaringan berada di satu tempat seperti gedung kantor. Dalam jenis jaringan ini Anda memiliki 2 cara untuk terhubung.

Cara paling sederhana adalah peer to peer. Di sinilah 2 atau lebih komputer dihubungkan secara langsung satu sama lain. Dengan kata lain jika Anda memiliki 5 komputer Anda akan memiliki komputer 1 terhubung ke komputer 2 yang akan dihubungkan ke komputer 3 dan seterusnya. Dalam jenis koneksi ini setiap komputer bergantung pada yang lain. Jadi jika komputer 3 akan turun maka komputer 1 dan 2 tidak akan dapat berkomunikasi atau bertukar informasi dengan komputer 4 dan 5 dan sebaliknya. Itulah masalah utama dengan jaringan peer to peer. Juga dalam jaringan peer to peer proses penulisan antara komputer menyebabkan masalah korupsi data. Ini bukan sesuatu yang mereka ajarkan di sekolah tetapi sesuatu yang Anda pelajari dari pengalaman.

Jenis koneksi LAN yang lebih umum adalah server klien. Di sinilah semua komputer dalam jaringan terhubung satu sama lain melalui komputer pusat. Koneksi semacam ini memang membutuhkan lebih banyak pekerjaan dalam pengaturan tetapi lebih efisien, membawa data lebih baik dan jika satu komputer turun, yang lain tidak terpengaruh. Namun, jika server turun maka semua komputer di jaringan akan terpengaruh sejauh kemampuan mereka untuk mendapatkan informasi dari komputer lain dan server itu sendiri. Mereka, bagaimanapun, masih dapat melakukan pekerjaan secara lokal sendiri seperti dengan program pengolah kata, kecuali jika program pengolah kata terletak di server. Maka itu tidak akan tersedia. Namun, biasanya sebagian besar aplikasi diinstal pada setiap komputer. Apa yang paling umum hilang ketika server turun adalah kemampuan untuk mengambil data yang umum bagi semua orang di jaringan, kata sebuah database internal semua karyawan jual beli komputer gaming bekas .

Jenis jaringan kedua adalah WAN atau jaringan area luas. Di sinilah beberapa jaringan LAN atau bahkan satu komputer terhubung ke jaringan yang jauh lebih besar. Contoh sempurna dari WAN adalah Internet. Di sinilah pengguna dari seluruh dunia dapat berinteraksi satu sama lain melalui email, chat room, dan pesan instan. WAN sangat besar untuk sedikitnya dan sangat rumit dalam desain mereka, membutuhkan hub dari seluruh dunia untuk tetap terhubung. Satu hub turun dan itu dapat mempengaruhi koneksi untuk jutaan orang meskipun ada protokol yang dilembagakan untuk mengubah rute koneksi jika hub turun.

Di atas adalah gambaran yang sangat disederhanakan dari jaringan komputer. Dalam artikel mendatang saya akan membahas secara rinci tentang perangkat keras dan perangkat lunak yang diperlukan untuk mengatur jaringan ini dan beberapa poin yang lebih baik. Tetap disini.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sejarah Komputer- Bagaimana Pc Tambah- Suatu Pendekatan Logis

Animasi di Komputer