Sejarah Komputer- Bagaimana Pc Tambah- Suatu Pendekatan Logis



Kami memandang Sistem No serta menghitung( amati Ini Dunia Biner- Bagaimana Pc Menghitung) terakhir kali. Bagaikan penyegaran kilat, kami memandang kalau pc terdiri dari banyak unit 0 serta 1, sistem biner. 1 merupakan digit setinggi bisa jadi sehingga angka dalam pc ditaruh semacam misalnya 1010 ataupun 10 dalam desimal. Kami pula memandang kalau angka- angka biner ini bisa dilihat bagaikan angka oktal( 8) ataupun heksadesimal( 16)- dalam perihal ini 1010 jadi 15 oktal, ataupun A hex.

Kamu bisa jadi menyadari kalau kode Komputer standar dalam 8 bit, bawa sistem hex lebih jauh. Kamu bisa jadi pula ketahui kalau prosesor, serta peranti lunak Windows yang melakukannya, sudah tumbuh dari 8 bit jadi 16 bit jadi 32 bit jadi 64 bit. Pada dasarnya ini berarti pc bisa bekerja pada 1, 2, 4 ataupun 8 byte sekalian. Jangan takut bila ini seluruh Gobbledegook, Kamu tidak butuh paham gimana pc meningkatkan!

OK saat ini buat Matematika- waktu ngeri! Ini sedikit lebih rumit daripada yang terakhir, namun bila Kamu berpikir secara logis, semacam pc, menyadari mereka betul- betul bodoh, Kamu hendak melewatinya!

Kami istirahat di mari buat memandang sedikit matematika yang bisa jadi belum sempat Kamu dengar- Aljabar Boolean. Sekali lagi ini sangat simpel, namun ini menampilkan kepada Kamu gimana suatu pc bekerja, serta kenapa pc itu sangat luar biasa!

Aljabar Boolean dinamai George Boole, seseorang matematikawan Inggris di abad ke- 19. Ia merancang sistem logika yang digunakan dalam pc digital lebih dari seabad saat sebelum terdapat pc buat memakainya!

Dalam Aljabar Boolean, alih- alih+ dan- dll. Kita memakai AND serta OR buat membentuk langkah- langkah logika kita.

Bagaikan contoh:-

x Ataupun y= z berarti bila x ataupun y terdapat, kita memperoleh z.

Tetapi, baca disini

x AND y= z berarti x serta y wajib terdapat buat memperoleh z.

Kami pula bisa memikirkan XOR( eXclusive OR).

x XOR y= z berarti x ataupun y Namun KEDUA wajib muncul buat memperoleh z.

Itu ia! Itu seluruh matematika yang Kamu butuhkan buat menguasai gimana pc meningkatkan. Telah kubilang itu simpel!

Gimana kita memakai logika ini di pc? Kami membuat sirkuit elektronik kecil yang diucap Gerbang dengan transistor serta banyak perihal, sehingga kami bisa bekerja pada no biner kami yang tersimpan dalam register- hanya sedikit memori.( Serta seperti itu elektronik terakhir yang hendak Kamu dengar!). Kami membuat gerbang AND, gerbang OR, serta gerbang XOR.

Kala kita meningkatkan dalam desimal, misalnya 9+ 3 kita memperoleh 2 unit serta bawa satu ke angka 10, membagikan 10+ 2= 12

Ingat nilai bit biner dalam Desimal- 1, 2, 4, 8 dll? Kita mulai dari 0, kemudian 1 di posisi bit awal, 1 bit. Bila kita meningkatkan 1+ 1 biner kita wajib berakhir dengan 10, yang mempunyai 1 bit di posisi bit kedua, serta 0 di yang awal, membagikan Desimal 2+ 0= 2. Posisi bit kedua ini dibangun oleh CARRY dari bit awal.

Buat membuat adder kita wajib menduplikat dengan rangkaian logika semacam yang kita tambahkan dalam biner. Buat menaikkan 1+ 1 kita memerlukan 3 input, satu buat tiap bit, serta output carry- dan 2, satu buat hasil( 1 ataupun 0), serta carry,( 1 ataupun 0). Dalam perihal ini, input carry tidak digunakan. Kami memakai 2 gerbang XOR, 2 gerbang AND serta gerbang OR buat membuat peningkat buat 1 bit.

Saat ini kita melangkah lagi, serta lupakan gerbang, sebab saat ini kita mempunyai Blok Logika, suatu ADDER. Pc kami dirancang dengan memakai bermacam campuran blok logika. Semacam halnya adder, kita bisa jadi mempunyai pengali( serangkaian adders) serta komponen yang lain.

Blok ADDER kami mengambil satu bit( 0 ataupun 1) dari tiap angka yang hendak ditambahkan, ditambah bit Carry( 0 ataupun 1) serta menciptakan output 0 ataupun 1, serta carry 0 ataupun 1. Tabel input A, B serta carry, serta output O and Carry, nampak semacam ini:-

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gambaran Umum Jaringan Komputer

Animasi di Komputer